Senin, 27 Oktober 2008

Tumis Cumi Pedas



Sabtu maren sengaja masakin kesukaan gw.

Menu ini dapat dari resepnya majalah nova, berhubung gw dirmh orangnya ga banyak jadi gw pake setengah resep aja dan juga ga semua bumbu dipake …. hmmm lumayan enak juga. Dibawah ini resep yang sudah dimodikasi sesuai dengan selera gw, selamat mencoba...


Bahan :
250 gr cumi asin
10 bh cabai rawit hijau
2 btg serai, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 sdm air asam
1/2 sdt garam
1 sdm gula
minyak goreng
air secukupnya

Haluskan :
5 bh cabai merah
1 cm lengkuas
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdt terasi

Cara membuat :
1. Cuci bersih cumi, rebus sampai empuk, angkat, tiriskan.
2. panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, garam dan gula, aduk rata.
3. masukkan cumi, cabai rawit, air asam, tambahkan air secukupnya, aduk sampai semua bahan matang. Angkat.

17 komentar:

Melly mengatakan...

Yummy..., ngiler ce paling lu makan dewean :D soalnya yg laen kgk doyan..

Lily mengatakan...

@Melly: iya nihh...hubby doyan yang kering2 sedangkan gw ma suka yang basah2hhh..eittt yg berkuah maksudnya..hehe.

~~ Mel T. ~~ mengatakan...

wahhhh mau dong cumi asin,disini kaga ada euyyy...sekalinya ada cumi mentah yg es-es an...kaga enak euyy..ihiksss

Anonim mengatakan...

asli , pasti enak ini di lihat dr bumbu dan picnya ..

mauuu ..

Lily mengatakan...

@Melani: makanya mel..buruan ayo pulang keIndo..
Tadi kunjangan perdana kedapurmu mel... secara disuguhin ama pepes ikan, empek2, martabak, sate segala euyyyy...enak2.

@mom4kids: Iya sus..pake bumbunya lumayan komplit biar ga amis.
wahhh...da abisss sus, tinggal piring kosong..hahaha.

SinceYen mengatakan...

wah ada cumi, ada cumi!!! pedes lagi!!! Doh, langsung glug nih :)

Lily mengatakan...

@since: doyan cumi juga ya sien..
kayak gw langsung deh dietnya gatot..hahaha.

yenni 'yendoel' mengatakan...

hallo Lily, salam kenal juga.
aku paling doyan segala jenis seafood, mentah maupun matang. sampai kerang yg busuk aja aku doyan! (*edan yah!*)
di sini susah kalo mau masak, susah nemu bumbu. paling banter jahe, gula, garem, bw putih, bw merah, daun bawang, daun sop, cengkeh.
kalo yang "aneh2" macam serai, kunyit, kemiri ... gak bisa didapat. maren mudik buat melahirkan gak sempat bawa2 bumbu, soalnya kopernya dah berat, musti gendong bayi lagi. next time deh, kalo mudik,mau bawa bumbu masak.

Lily mengatakan...

@Yendoel: Seafood emang enak ya Yen, gw juga suka.
Bersyukur di indo secara bumbu disini berimpah riuh...proses masak jadi gampang.

Anonim mengatakan...

keiknya sedep banget yah?
kapan2 nyoba bikin ahh...

Lily mengatakan...

@Caroline: silakan dicoba, boleh consult ama gw koq gratis pokoknya ditanggung sedep dahh...
*kayak yg chef prof aja, padahal baru bisa masaknya..hahaha.

yanti mengatakan...

huaaa sampe ileran..pesan serantang buat di asemka dunk kekeke.. bagus neh Ly, jangan kayak adeknya yg dibekasi, bisanya makan doang.. ga bisa masak wkwkwkwkwkkw

Lily mengatakan...

@Yanti: sama2 pinter Yan, gw pinter masaknya kalo melly pinter ngehabisinnya...hahaha.

OnikChan mengatakan...

ternyat melly pinter masak! kebalikan ama gw yg hanya suka makan haha... makanya langung ngiler lihat foto tumis cumi pedasnya :p

Lily mengatakan...

@Onik: hahaha..siMelly ma pinter masak...,masak aer, masak indomie.

Ngak dink masak juga doi pinter, tapi lebih ke bikin kue.

Anonim mengatakan...

jah..another fave food

sayangnya disini susah nyari cumi.

Lily mengatakan...

@mercuryfalling: siap siap ileran dehh...hehe.