Rabu, 03 Juni 2009

Peh Cun ( makan Bakcang )

Festival Peh Cun a.k.a hari raya makan bakcang tahun ini jatuh pada hari kamis 28/05/2009 ( lunar calender : tgl 5 bln 5 ). Dikeluarga gw masih turut merayakan tradisi ini, nyokap yg biasanya ingat dan masih suka bikin bakcang. Bakcang bikinan nyokap eunak banget terbuat dari ketan yg isinya macem2 ada daging bak, sosis, udang kering/ebi, jamur hioko, kacang tanah, hazernut, pokoknya endang sekali ….


Berhubung jatohnya hari kamis yg pastinya susah ngumpulin anak2nya terpaksa diundur kehari minggu, soalnya selain makan bakcang juga yg pastinya ada acara makan2 keluarga disore harinya.

Hari minggu jam 10.30 gw, hubby, kev meluncur keBekasi mo ngembat bakcang nih ceritanya, hehe…gak lah nyokap dah sisain jatah buat gw, dan seperti biasanya sampe disana langsung maksi dolo emang kalo bekunjung kerumah nyokap pastinya ini perut gak diisi dari paginya penginnya makan masakannya nyokap sampe puas judulnya. Abis maksi ikutan turun kedapur turut bantu2 nyokap masak buat ntar sore.
Sore harinya satu persatu anak2nya nyokap, adek nyokap, sodara sepupu mulai pada datang berkumpul memenuhi ruangan rumah nyokap, sedangkan gw yg tinggalnya paling jauh diujung dunia sana (tangerang) dah nyampe sejak dari siang. Gimana gak enak coba datang duduk tinggal makan semuanya dah tersedia bener2 nyokap is the best pokoknya, abis makan langsung pada SMP-selesai makan pulang, anak mantu cucu kurang asem semua…wkwkwkwk.

Untuk lebih mengetahui apa saja yg terkandung dibalik perayaan Peh Cun aka tradisi makan Bakcang ini silahkan klik di S I N I.

8 komentar:

xuxu mengatakan...

weeeh menggoda selera...
di gua sih udah engga bikin bacang, biasanya ada yang ngasih... :)
tapi kalo sincia.... mami pasti masak seabrek!! :D

Veny mengatakan...

wadooo Li tuh bacang amntepp ngiler deh !
trus tuh makanan alamakkkk , emang iya yah masakan mami is the best lah !

R.e.t.h mengatakan...

Makanannya....
Bikin.....
Ngilllerrrr....

Oma pintar memasak, ssllrprpp!

Yanti Wyant mengatakan...

wah baru tau nih ada hari bakcan....yuummyyyy :) mauu dong :)

yenni 'yendoel' mengatakan...

haduh .. SMP nih..padaha elo yg paling jauh tinggalnya yah. elo anak sulung bukan ly? biasanya anak sulung yg lebih 'sadar' buat bantu2..hahahhaa..!

Dewi mengatakan...

widihhhh makanannya enak² tuh. Emang klo pecun makan2 gitu yah ci? klo nyokap gw sih cuman bikin bacang doang. Itu jg bacangnya di delivery karna hari kerja, jd ga ke rumah nyokap. :)

SinceYen mengatakan...

bacang.... pengen... di sini bacangnya parah!!

Lily mengatakan...

@xuxu:
kalo di-gw ma2 yg tertua jadinya bukannya dikasih malah yg ngasih/ bagi2in bakcang..hehehe.

Dikita setaun ada 5X makan bersamanya:Imlek, Capgome, PehCun, Moon Cake, ma Makan Onde.

@Veny:
Iya mantab bakcang bikinan ma2 secara isinya lengkap gituh makanya biarpun jauh tinggalnya diTangerang tetep sempatin pulang keBekasi..

@Retha:
Masakan Oma enak bener Reth, Oma hobby masak soalnya..laen kali elo mesti kudu ikut gw yg kalo ada acara makan2 bersama lagiii..

@Yanti:
hehe.. makan bakcang itu tradisi dari dulu turun temurun..
Tau deh ntar2 digenerasi nantinya masih ngikut tradisi2 apa gak??, soalnya harus ngikutin tanggalan china gituh..

@Yenni:
Iya gw anak sulung jadi tau diri wkwkwk..

Nggak Yen gw-nya mang hobby masak juga jadi cocok deh ama nyokap gw nyambung gitu..n nyokap gw lebih senang kalo gw yg bantuin gak banyak nanyanya.

@Dewi:
Iya Wi.. setiap ada perayaan hari besar (Imlek/Capgome/PehCun/Kue bulan/ mkn Onde) pasti diikutin makan malam bersama.. jadi yg paling ditunggu yah makan malamnya itu...hehehe.

@Since:
Mang diBelanda ada yg jualan bakcang ??..Iya lah pastinya bakcang disini enak2..kalo dekat mah pasti deh gw kirim ketempat lu Since...hehe.